SEKITAR KITA

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ketua TP PKK Kota Probolinggo Ajak Warga Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Diterbitkan

-

Hari Lingkungan Hidup Se Dunia, Ketua TP PKK Kota Probolinggo Ajak Warga Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Memontum Probolinggo – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Se-Dunia,TP PKK Kota Probolinggo memberikan edukasi kepada pengunjung swalayan di Kota Probolinggo agar menggunakan kantong non plastik saat berbelanja.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zainal Abidin, bersama sejumlah pengurus membagikan kantong belanja berbahan kain, bertuliskan I Love Probolinggo City dan Bolinggo Sae. Sedangkan bagi warga yang sudah membawa kantong belanja sendiri, mendapat hadiah souvenir dari PKK dan minyak goreng.

Baca juga:

    Selama di pusat perbelanjaan itu, Ketua TP PKK, Aminah Hadi, menyapa masyarakat yang sedang mengantre di kasir. Ia mengapresiasi pengunjung yang menggunakan kantong belanja sendiri. “wah, ini baru keren, bawa kantong sendiri,” ujarnya, kepada salah satu pengunjung.

    Bagi warga yang belum membawa kantong sendiri, Aminah Hadi tidak segan memberikan edukasi agar membawa tas belanja non plastik dari rumah. Pada kesempatan itu, TP PKK juga membagikan ratusan masker kepada masyarakat.

    Advertisement

    Dari kegiatan pagi itu, Aminah Hadi, melihat sebagian pengunjung sudah banyak yang membawa tas sendiri. “Tapi ya masih ada yang tidak bawa. Sekali lagi, sebagai PKK kami membantu pemerintah mengedukasi masyarakat membawa kantong sendiri dari rumah supaya bisa mengurangi limbah plastik,” tuturnya. Jumat (04/06).

    Aminah Hadi juga menambahkan, bagi-bagi tas belanja non plastik yang ia laksanakan untuk mendukung implementasi Perwali Nomor 79 Tahun 2019 tentang pengurangan penggunaan sampah plastik.

    “Saya berharap masyarakat bisa berpartisipasi membawa tas kantong sendiri. Untuk perusahaan dan para pelaku usaha bisa bagaimana bisa ikut mengedukasi masyarakat, bekerjasama dengan pemerintah untuk berperan aktif dalam mengurangi sampah plastik di Kota Probolinggo,” pintanya.

    Salah seorang pengunjung supermarket, Yuni, mengatakan senang dapat hadiah dari Bu Wali, sudah beberapa kali sebenarnya saya bawa kantong belanja sendiri tapi kebetulan sekarang ketemu. Bawa kantong sendiri ini bisa mengurangi sampah plastik,” ujarnya.

    Advertisement

    Sementara itu, Manager Area Supermarket KDS, Sri Lestari mengatakan kantong plastik menjadi salah satu pengeluaran besar di perusahaannya. Untuk mengurangi penggunaan sampah plastik, perusahaannya akan menggunakan kardus untuk pembelian dalam jumlah besar,” jelasnya. (geo/ed2)

    Advertisement
    Click to comment

    Tinggalkan Balasan

    Terpopuler

    Lewat ke baris perkakas