SEKITAR KITA

Antisipasi Pohon Tumbang, DLH Probolinggo Lakukan Pemangkasan

Diterbitkan

-

Memontum Probolinggo – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo melakukan pemangkasan pohon-pohon di pinggir jalan yang dianggap berbahaya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo, Racmadeta Antariksa, mengatakan bahwa pemangkasan pohon yang dilakukan sebagai langkah antisipasi dampak buruk dari cuaca yang tidak menentu di musim angin kencang. Terlebih, ketika saat terjadi hujan yang disertai angin.

Baca juga:

    Sehingga, pohon-pohon yang dianggap berbahaya, dilakukan pemangkasan demi keselamatan pemakai jalan. Pohon-pohon yang dipangkas, pohon yang akarnya sudah terangkat ke permukaan trotoar dan daunnya lebat serta berpotensi tumbang.

    “Pemangkasan pohon dilakukan terus berlanjut sampai selesai. Ini dilakukan, sebagai antisipasi timbulnya bahaya,” kata Deta-panggilan akrabnya, Rabu (07/07) tadi.

    Advertisement

    Dirinya berharap, masyarakat juga peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Jika menemukan pohon yang dianggap berbahaya, terutama dipinggir jalan, dapat melaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup. Sehingga, nantinya akan dilakukan pemangkasan.

    Untuk pohon besar, tambahnya, langkah yang dilakukan bisa dengan melakukan pemangkasan cabang atau ranting yang mengganggu. Pemotongan atau penebangan baru, akan dilakukan jika roboh atau ada pengaduan masyarakat.

    Dari pengaduan ini, tambahnya, pun akan dilakukan sangat selektif. Tidak semua keinginan masyarakat, akan dipenuhi. Tetapi, akan dilakukan pemilahan sesuai prioritas. Terutama untuk pohon yang tumbang atau keropos, pasti akan ditebang.

    “Keberadaan pohon sangat penting. Tetapi kita upayakan agar tidak mengganggu. Secara bertahap, kami akan melakukan pemangkasan. Tetapi tidak harus selalu memotong,” terangnya. (geo/sit)

    Advertisement
    Advertisement
    Click to comment

    Tinggalkan Balasan

    Terpopuler

    Lewat ke baris perkakas