Hukum & Kriminal

Tingkatkan Herd Immunity pada Vaksinasi Merdeka Semeru, Polres Probolinggo Kota Vaksin Penyandang Disabilitas

Diterbitkan

-

Memontum Probolinggo – Puluhan penyandang disabilitas di Kota Probolinggo menjalani vaksinasi Covid-19, Selasa (10/08) tadi. Mereka disuntik vaksin Sinopharm dari Polres Probolinggo Kota, dalam tajuk ‘Vaksinasi Merdeka Semeru’ di Gerai Vaksin Klinik Partama Polres Probolinggo Kota.

Dalam ‘Vaksinasi Merdeka Semeru’ itu, Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Raden Muhammad Jauhari, beserta Wakapolres, Kompol Mohammad Khoiril, menghadiri dan memantauan langsung pelaksanaan. Termasuk, didampingi pejabat utama (PJU), Forkopimda serta Ketua Cabang Bhayangkari Probolinggo Kota, Kamala Jauhari.

Baca juga:

    Selama pelaksaan berlangsung, protokol kesehatan secara ketat juga diterapkan kepada penyandang disabilitas. Bahkan, ada juga beberapa peserta vaksinasi, yang harus dijemput petugas untuk memudahkan dalam menjangkau lokasi pelaksanaan.

    Diawali dengan mengisi formulir vaksin Covid-19 dan melakukan tes suhu tubuh dan tekanan darah, screening oleh vaksinator, pun dilakukan. Termasuk, hingga pada proses pelaksanaan vaksinasi.

    Advertisement

    “Alhamdulillah, hari ini kami bersama Forkopimda Kota Probolinggo, menyaksikan dan memantau langsung kegiatan ‘Vaksin Merdeka Semeru’ yang mana hari ini diperuntukkan kepada saudara-saudara kita dari kaum disabilitas. Secara keseluruhan, totalnya ada 25 orang disabilitas yang dilakukan vaksinasi pada hari ini,” kata AKBP RM Jauhari.

    Vaksinasi Covid-19 ini, kata Kapolres Probolinggo Kota, dalam pelaksanaan ini khusus menyasar para penyandang disabilitas. Rinciannya, sebanyak 25 penyandang disabilitas yang ada di lima kecamatan yang tersebar di 29 kelurahan se-Kota Probolinggo.

    Pelaksanaan ini, tambahnya, untuk membantu pemerintah dalam rangka percepatan proses kegiatan vaksinasi. “Kami harap puluhan penyandang disabilitas yang mengikuti vaksinasi Merdeka Semeru ini, bisa kian membentuk herd immunity dalam rangka melawan Covid 19 di wilayah Kota Probolinggo. Insya Allah, kita akan melewati situasi pandemi ini dengan kembali sehat,” jelas Jauhari.

    Seorang peserta vaksinasi, Faris Ainul (24) warga Jalan Dr Soetomo, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, dengan memakai kursi rodanya mengaku bangga dengan pelaksanaan itu. Karena, peserta yang ikut vaksinasi, juga banyak yang harus dijemput dari rumah, untuk membantu menjangkau lokasi pelaksanaan.

    Advertisement

    “Saya merasa terharu dan bangga karena diberikan pelayanan khusus, mulai dijemput dan diantar pulang setelah melakukan vaksinasi Merdeka Semeru di Gerai Vaksin Klinik Pratama Polres Probolinggo Kota. Semoga pandemi ini cepat berakhir,” kata Faris.

    Penyandang Disabilitas lainnya, Ustad Saihu warga Kelurahan Jrebeng Kulon Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, mengaku tidak menduga mengikuti vaksinasi Merdeka Semeru di Gerai Vaksin Klinik Pratama Polres Probolinggo Kota. “Saya berterimakasih sudah divaksin oleh Pak Polisi dan Ibu Bhayangkari yang telah support dan mendukung kaum disabilitas,” ucapnya senang.

    Usai divaksin, puluhan penyandang disabilitas mendapatkan bantuan Sembako dan bendera merah putih sebagai rasa nasionalisme menjelang peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia. (geo/sit)

    Advertisement
    Advertisement
    Click to comment

    Tinggalkan Balasan

    Terpopuler

    Lewat ke baris perkakas