Probolinggo

Peringati Hari Gerakan 1 Juta Pohon dan Refleksi 4 Tahun Kepemimpinan Wali Kota Probolinggo, Ketua TP PKK Gelar Penanaman Pohon

Diterbitkan

-

Peringati Hari Gerakan 1 Juta Pohon dan Refleksi 4 Tahun Kepemimpinan Wali Kota Probolinggo, Ketua TP PKK Gelar Penanaman Pohon

Memontum Probolinggo – Ketua TP PKK Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zainal Abidin, didampingi Plh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Suciati Ningsih, melakukan penanaman ratusan bunga di areal dalam Alun-alun Kota Probolinggo, Jumat (27/01/2023) tadi. Penghijauan itu dilakukan, dalam rangka memperingati Hari Gerakan 1 Juta Pohon, yang sekaligus Refleksi 4 Tahun Kepemimpinan Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin.

“Penghijauan ini dilakukan, untuk memperindah wajah Kota Probolinggo. Adapun jumlah bibit yang ditanam, itu disesuaikan dengan momen refleksi ke empat tahun kepemimpinan Bapak Wali Kota,” kata Plh Sekretatus Dinas (Sekdis), yang juga Kepala Bidang (Kabid) Konservasi dan Pertamanan.

Ditambahkannya, ada sebanyak 444 bunga jenis bougenvil variegata, yang ditanam mengelilingi lokasi dalam area Alun-alun. Tujuannya, selain untuk memperindah juga untuk menciptakan lingkungan yang hijau, indah dan lestari.

Baca juga:

Advertisement

“Serta, untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup guna mewujudkan Kota Probolinggo, yang hijau serta memantapkan jiwa kebersamaan dalam membangun masyarakat sejahtera,” tambahnya.

Selain itu, melalui kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian berbagai pihak akan pentingnya penanaman dan budaya pemeliharaan pohon yang berkelanjutan. Sehingga, mampu mengurangi dampak dari pemanasan global. Termasuk, meningkatkan peran serta masyarakat dan stakeholder untuk lebih mencintai lingkungan.

Giat bertajuk Gerakan Menanam bersama Wujudkan Pro Handal (Probolinggo Hijau, Indah dan Lestari), itu juga turut mengundang Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemkot Probolinggo, Komunitas Pelestari Keanekaragaman Hayati (Komtari Kehati) dan pelajar perwakilan dari Sekolah Adiwiyata. Pada kesempatan itu, juga diberikan sosialisasi dengan materi seputar peran serta masyarakat terhadap pelestarian lingkungan dengan menghadirkan nara sumber dari Komtari Kehati, bernama Sulastri.

Giat yang dimulai sekira pukul 06.30 itu, juga diisi dengan pemberian doorprize bagi pelajar yang beruntung menjawab pertanyaan yang dilempar oleh Pembina Adiwiyata, Tri Kartin M. “Ayo, siapa yang tahu, setiap tanggal berapa hari Gerakan menanam 1juta pohon diperingati? Acungkan tangan!,” serunya yang kemudian direspon perwakilan pelajar yang datang dan menjadi peserta.

Muhamad Reihan, salah seorang pelajar yang ikut dalam giat penanaman bunga, mengaku bangga bisa hadir dan terpilih mewakili sekolahnya di momen ini. “Senang bisa ikut ambil bagian dalam merawat lingkungan yang lebih sehat,” ujarnya. (kom/pix/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas