Probolinggo

Disperta Probolinggo Gratiskan Pemotongan Hewan Kurban di Enam RPH

Diterbitkan

-

Disperta Probolinggo Gratiskan Pemotongan Hewan Kurban di Enam RPH

Memontum Probolinggo – Jelang Hari Raya Kurban, Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Probolinggo telah menyiapkan sebanyak enam Rumah Potong Hewan (RPH) di Kabupaten Probolinggo. Pemotongan hewan kurban yang dilakukan di RPH tersebut, rencananya selama Hari Raya Kurban tidak dipungut biaya alias gratis.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Disperta Kabupaten Probolinggo, dr Nikolas Nuryuliarto, mengatakan bahwa enam RPH tersebut diantaranya RPH di Kecamatan Krejengan, Gading, Leces, Besuk, Banyuanyar dan Maron. Keseluruhan setiap RPH itu, berikut dengan petugas untuk mengecek hewan yang akan disembelih.

“Untuk persiapan menjelang Hari Raya Kurban, tempat pemotongan kurban di RPH digratiskan,” katanya Jumat (16/06/2023) tadi.

Baca juga:

Advertisement

Sebelum penyembelihan, ujarnya, petugas juga akan melakukan pengecekan terhadap hewan kurban. Mengingat akhir-akhir ini di masa virus Lumpy Skin Disease (LSD) dan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), menjangkiti hewan. “Di RPH itu, nanti dilengkapi dengan SDM. Agar, saat mengecek hewan kurban mengetahui mana hewan ini bagus dan yang kurang sehat. Sehingga, biar aman juga saat dikonsumsi,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan Tempat Pemotongan Sementara (TPS), yang biasanya ada di masjid-masjid setempat. “Ya biasanya di masjid. Seperti tahun kemarin di Masjid Arraudloh Kraksaan,” ujarnya.

Dirinya mengimbau, agar masyarakat berhati-hati saat mengkonsumsi daging dari hewan yang kuran sehat. Hendaknya, mengecek kondisi daging terlebih dahulu. Dan jika ditemukan kerusakan pada daging, untuk tidak dikonsumsi. “Nanti dagingnya dicek, apakah ada kerusakan atau tidak. Jika ada, lebih baik jangan dikonsumsi,” pesannya. (nun/pix/gie)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas