Kabar Desa

Suplay Darah di Kabupaten Probolinggo Lancar Dibanding Saat Pandemi Covid-19

Diterbitkan

-

Memontum Probolinggo – Suplay darah di Kabupaten Probolinggo, saat ini lebih mudah jika dibandingkan pada saat pandemi Covid-19. Hal itu dikarenakan, saat ini pelaksanaan donor darah bisa menjangkau di beberapa lokasi. Hal itu, seperti yang dijelaskan Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Probolinggo, Adi Nugroho, Sabtu (22/07/2023) tadi.

Bahwa, kegiatan donor darah yang dilaksanakan bisa dilakukan di balai desa, perumahan dan bahkan rumah salah satu pendonor rutin. Kemudian, juga di sekolah, instansi dan perusahaan swasta lainnya. Kegiatan tersebut, juga dilakukan secara rutin dan terjadwal. Dengan upaya ini, pemenuhan persediaan darah dapat dilakukan secara konsisten.

“Jika cara tersebut tidak membuahkan hasil, maka akan dilakukan dropping dari UDD PMI terdekat yang memiliki stok banyak,” katanya Sabtu (22/07/2023) tadi.

Baca Juga :

Advertisement

Saat ini, imbuhnya, stok kantong darah di Kabupaten Probolinggo masih tersedia sebanyak 167 kantong. Itu, terdiri dari golongan darah A sebanyak 35 kantong, golongan darah B sebanyak 20 kantong, golongan darah O sebanyak 89 kantong, dan golongan darah AB sebanyak 23 kantong.

Jumlah tersebut, imbuhnya, diperkirakan aman untuk stok dalam sepekan terakhir. Walaupun dalam kondisi aman, permintaan kantong darah dari masyarakat bisa saja melonjak suatu saat. Sehingga, pihaknya harus terus mengantisipasi hal tersebut jika terjadi sesuatu.

“Tapi masih perlu ada pemenuhan stok, khawatir tiba-tiba permintaan meningkat,” katanya. (nun/pix/gie)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas