Pemerintahan

Antisipasi Musim Penghujan, Pemkot, Polri, TNI dan Relawan Gelar Apel Siaga Tanggap Bencana

Diterbitkan

-

Antisipasi Musim Penghujan, Pemkot, Polri, TNI dan Relawan Gelar Apel Siaga Tanggap Bencana

Memontum Probolinggo – Di penghujung musim hujan ini, Pemkot bersama Polri TNI dan Relawan mengelar apel kesiap Siagaan penanggulangan bencana. Gelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam Kota Probolinggo, digelar di kantor BPBD di Jalan Mastrip, Kelurahan Kedupok, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo. Senin (6/1/2020) siang.

Dalam kegiatan apel tersebut diikuti petugas gabungan dari TNI, Polri, Relawan, BPBD, Satpol PP, Dinsos, PMI, Linmas Pemerintah Kota Probolinggo dan komunitas. Selain itu di apel tersebut juga memamerkan peralatan seperti gergaji mesin, kapal karet, motor trail, mobil jeep, serta persiapan kebutuhan sembako jika emergency untuk persiapan kebutuhkan korban bencana alam nantinya jika terjadi.

 Wali kota Didampingi Kapolres Probolinggo kota dan Dandim 0820 saat melakukan Apel siaga tanggap bencana di halaman kantor BPBD kota Probolinggo (Pix)

Wali kota Didampingi Kapolres Probolinggo kota dan Dandim 0820 saat melakukan Apel siaga tanggap bencana di halaman kantor BPBD kota Probolinggo (Pix)

Dalam apel tersebut di pimpin langsung oleh wali kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, didampingi Kapolres Probolinggo kota, AKBP Ambariyadi Wijaya, dan Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Inf Imam Wibowo, juga bersama Muspika setempat, setelah melakukan apel dan mengecek kesiapan pasukan, akan dilanjutkan pengecekan sungai yang biasa terjadi Banjir Bandang kiriman dari wilayah selatan Kabupaten Probolinggo.

Dalam kegiatan tersebut Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, menuturkan langkah kesiapsiagaan tanggap bencana itu lebih baik sedia payung sebelum hujan, istilah ini, sebelum ada bencana banjir, tanah longsor, atau yang lainnya disaat musim penghujan ini, kita akan melakukan normalisasi sungai, pemangkasan ranting dan pembersihan sampah di sungai, dan perlu kerjasama warga untuk menjaga lingkungannya.

“Sedia payung sebelum hujan, istilah ini kita pakai, sebelum kejadian ada bencana kita antisipasi sedini mungkin, dan kita akan melakukan normalisasi sungai, pemangkasan pohon, dan saya harap kerjasama warga untuk menjaga kebersihan lingkungan, agar bencana alam tidak terjadi di wilayah Kota Probolinggo” ujar Habib Hadi saat dikonfirmasi di lokasi.

Advertisement

Juga dikatakan AKBP Ambariyadi Wijaya, Kapolres Probolinggo Kota, kita akan melakukan persiapan untuk semua personil jika sewaktu – waktu dibutuhkan jika terjadi bencana alam, kita akan semua kerahkan semua anggota kita nanti, dan bantuan dari teman TNI dari Kodim 0820, BPBD, Satpol PP, Linmas dan relawan.

Wali kota, Kapolresta, dan Dandim 0820 saat mencoba perahu milik BPBD (Pix)

Wali kota, Kapolresta, dan Dandim 0820 saat mencoba perahu milik BPBD (Pix)

“Kita akan selalu siap untuk kesiapsiagaan tanggap bencana, anggota kita siapkan semuanya jika nanti ada bencana alam, dengan dibantu anggota TNI, Linmas, BPBD, dan relawan, semoga tidak terjadi bencana apa saja, saat memasuki musim penghujan ini” jelas Ambariyadi.

Pemerintah Kota Probolinggo, menghimbau masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai, dan rumahnya dekat dengan pohon besar, untuk lebih berhati – hati jika hujan deras berintesitas tinggi dan ada angin kencang, untuk menjauh dan mengevakuasi harta benda, dan yang terpenting jangan membuang sampah sembarangan. (pix/yan)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas