Probolinggo

Harga Bawang Merah di Probolinggo Turun, Pemkab Jajaki Kerja Sama dengan Kalimantan Tengah

Diterbitkan

-

Memontum Probolinggo – Harga Bawang Merah di Kabupaten Probolinggo, mengalami penurunan akibat dampak panen raya. Menyikapi hal tersebut, Pemkab Probolinggo bakal melakukan Kerja sama Antar Daerah (KAD) Bawang Merah dengan Kalimantan Tengah (Kalteng).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto, mengatakan bahwa untuk mendorong hasil tani Bawang Merah di Kabupaten Probolinggo, pihaknya akan menjalin kerja sama dengan pemerintah Kalteng. Hal tersebut dilakukan, karena harga Bawang Merah di Kalteng sendiri cukup tinggi atau di kisaran harga Rp 60 ribu perkg.

Dengan langkah ini, ujarnya, diharapkan hasil tani Bawang Merah di Kabupaten Probolinggo, nantinya akan tetap optimal. Sehingga, Bawang Merah Probolinggo akan dikirim ke Kalteng, dengan harga pasaran Kalteng.

Baca juga:

Advertisement

“Ini dilakukan, karena Kabupaten Probolinggo merupakan wilayah yang mayoritas penduduknya petani Bawang Merah. Jadi, kami akan jalin kerja sama dengan Kalteng untuk memperjuangkan harga Bawang Merah hasil petani kita,” ujarnya, Kamis (31/08/2023) tadi.

Selain dengan pemerintah Kalteng, lanjut Ugas, pihaknya juga akan melakukan kerja sama dengan Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kerja sama ini, itu terkait dengan harga beras di Kabupaten Probolinggo. “Bulan lalu kami kerja sama dengan Subang, untuk komoditi beras,” tambahnya.

Dengan terjalinnya beberapa KAD yang dilakukan, pihahnya berharap dapat menjaga harga hasil panen petani di Kabupaten Probolinggo. Selain harga tetap aman meskipun saat panen raya, stok juga tetap sama. “Dengan begitu, meskipun panen raya harga komoditi dapur masih tetap aman dan tidak akan terjadi penurunan harga,” paparnya. (nun/pix/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas